Resmi Dibuka! Begini Cara Cek Formasi CPNS 2024 - Mytips.id

Resmi Dibuka! Begini Cara Cek Formasi CPNS 2024


Mytips.id - Berikut ini adalah cara cek formasi CPNS 2024 yang bisa Anda lakukan sebelum mendaftar.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan dibuka pada Selasa 20 Agustus 2024. Kabar baiknya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyiapkan 600.000 formasi pendaftaran CPNS periode Agustus 2024 untuk masyarakat umum.

Namun, terdapat kendala-kendala tertentu yang membuat tidak semua formasi yang diajukan oleh kementerian/lembaga (k/l) disetujui oleh Kementerian PANRB. Oleh karena itu, untuk periode ini, hanya ada 250.407 formasi yang telah dibuka.

Menteri PANRB Abdullah Azwat Anas menjelaskan bahwa ada alasan tertentu yang membuat beberapa pengajuan formasi dari k/l dan pemerintah daerah tidak disetujui sepenuhnya, terutama bagi formulasi fresh graduate. Alasan tersebut antara lain masalah anggaran dan kebergantungan pada teknologi digital.

Dari total 250.407 formasi yang telah dibuka, sebanyak 114.000 kuota diperuntukkan bagi pemerintah pusat, di mana 60.000 di antaranya akan dialokasikan untuk kebutuhan k/l di Ibu Kota Negara (IKN).

Apabila ada lembaga pemerintahan yang mengusulkan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN, maka akan disiapkan pekerja dengan talenta digital dan multitasking.

Untuk memastikan adanya afirmasi bagi putra-putri Kalimantan, sebanyak 5% dari 60.000 formasi yang dialokasikan untuk IKN akan disediakan bagi mereka.

Hal ini dilakukan agar putra-putri Kalimantan tidak terlalu bersaing dengan fresh graduate dari Jawa, sesuai dengan saran dari Presiden.

Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai CPNS, dapat melakukan pengecekan jumlah formasi yang dibutuhkan di tiap instansi melalui website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN). Berikut adalah cara cek formasi CPNS dan PPPK 2024:

1. Kunjungi https://sscasn.bkn.go.id
2. Klik "Info Lowongan" dan buka "Simulasi Pemilihan"
3. Isi kolom sesuai dengan kebutuhan, seperti jenis Pengadaan (CPNS), pilih Instansi (sesuaikan dengan pilihan Anda), Tingkat Pendidikan (Lulusan Terakhir dan Jurusan)
4. Klik tombol "Cari"

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai formasi yang dibutuhkan oleh CPNS sesuai dengan jurusan masing-masing.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku dalam pendaftaran CPNS agar proses berjalan lancar dan sukses.

Semoga berhasil dalam perjalanan menuju menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil yang profesional dan berkualitas.

Posting Komentar