Panduan Lengkap Daftar CPNS 2024, Dibuka 20 Agustus 2024 - Mytips.id

Panduan Lengkap Daftar CPNS 2024, Dibuka 20 Agustus 2024


Mytips.idPendaftaran CPNS 2024 telah dinantikan oleh banyak lulusan. Kemajuan teknologi mengubah proses pendaftaran, menjadi lebih modern dan efisien. 

Ini juga membuat peluang untuk menjadi bagian dari ASN semakin terbuka. 

Tapi bagi Anda yang masih pemula, proses pendaftaran ini mungkin terasa rumit. Berikut panduan lengkap cara mendaftar CPNS 2024

1. Pantau Informasi Resmi di Website Resmi BKN

Anda bisa mengunjungi website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai jadwal, formasi, dan persyaratan pendaftaran.

Selain website resmi, Anda wajib memantau media social BKN dan instansi pemerintah yang Anda minati, agar tidak ketinggalan pengumuman atau berita penting.

2. Persiapkan Dokumen

Mempersiapkan dokumen menjadi hal yang sangat penting jika Anda ingin mendaftar sebagai seorang CPNS. 

Dokumen seperti KTP, pastikan kondisi dan data yang benar. Siapkan fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir, serta transkrip nilai. 

Tidak ketinggalan dokumen pendukung lain, seperti sertifikat kompetensi, pengalaman kerja dan lainnya. 

3. Buat Akun SSCASN

Mengunjungi portal resmi SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), melakukan registrasi untuk mempunyai akun. Isilah data lengkap dengan benar dan teliti.

4. Pilih Formasi

Pelajari juga dengan cermat formasi yang tersedia dan pilih formasi yang sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda.

Karena setiap formasi memiliki persyaratan khusus, seperti latar belakang pendidikan,pengalaman kerja, atau keahlian tertentu.

5. Unggah Dokumen

Pastikan dokumen yang diunggah sesuai dengan format yang ditentukan. Perhatikan juga batasan ukuran file yang telah ditetapkan.

6. Cetak Kartu Informasi

Setelah melakukan pendaftaran hingga selesai, jangan lupa mencetak kartu informasi akun Anda sebagai bukti pendaftaran.

7. Ikuti Tahapan Seleksi

Sebelum mengikuti tahap terakhir ini, pastikan semua dokumen yang Anda unggah lengkap dan benar. Persiapkan diri untuk mengikuti tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) jika diperlukan. Jika lolos seleksi sebelumnya, Anda akan mengikuti tahap wawancara.

Penting untuk diingat, informasi di atas bersifat umum dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selalu cek informasi terbaru di website resmi BKN.

 

Posting Komentar