Tips Memilih dan Membeli Daging Steak yang Enak dan Lezat - Mytips.id

Tips Memilih dan Membeli Daging Steak yang Enak dan Lezat

 


Mytips.id - Ada beberapa tips beli daging steak yang enak dan lezat. Tips ini bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan membeli daging steak di pasaran untuk dimasak sendiri di rumah.

Tak dapat dipungkiri bahwa steak menjadi salah satu hidangan lezat yang banyak disukai oleh semua kalangan.

Paduan bumbu khas dengan daging berkualitas akan membuat rasa dan aroma steak jadi lebih menggugah selera. Apalagi jika daging steak dibakar dengan tingkat kematangan favorit.

Namun yang perlu diketahui, Anda harus pandai-pandai memilih daging untuk dijadikan sajian steak. Sebab tidak semua bagian tubuh sapi akan terasa lezat ketika diolah menjadi steak.

Secara garis besar, daging sapi akan dibagi menjadi setidaknya 8 bagian. Ke delapannya adalah chuck, rib, loin (terdiri dari short loin dan sirloin), round, flank, plate, brisket, dan shank.

Kemudian jika dibagi berdasarkan kelompok otot, daging dari masing-masing primal memiliki rasa, tekstur, dan tingkat lemak serta marmer yang unik karena seberapa keras otot-otot tersebut bekerja.

Meski demikian untuk diolah menjadi steak, ada 7 bagian yang dianggap paling lezat dan paling direkomendasikan dibandingkan yang lainnya.

Beberapa bagian daging yang cocok dijadikan steak

1. Tenderloin

Tenderloin merupakan potongan daging sapi yang dianggap paling empuk. Ini merupakan bagian daging yang sering dimasak menjadi steak.

Tenderloin daging sapi adalah otot lonjong yang disebut psoas mayor yang membentang di sepanjang bagian belakang tulang belakang, tepat di belakang ginjal, dari sekitar tulang pinggul hingga tulang rusuk ketiga belas. 

Otot ini jarang sekali bekerja keras sehingga menghasilkan daging yang lebih empuk dan lembut. Belum lagi, daging ini biasanya dilapisi lemak dengan lapisan tebal dan rapuh.

Lemak inilah yang membuat Tenderloin semakin enak saat diolah menjadi steak. Namun, daging bagian ini juga mahal harganya.

2. Rib Eye

Rib Eye merupakan daging yang berasal dari sekitar rusuk sapi. Oleh sebab itu, bentuk dagingnya mungkin memanjang beberapa inci melebihi ujung otot tulang rusuk, atau dipotong kurang lebih rata dengan daging.

Ini merupakan otot di mana sejumlah besar lemak intramuskular cenderung menumpuk. Lemak-lemak ini membuat rasa daging Rib Eye lebih enak dan gurih ketika dimasak menjadi steak.

3. Sirloin

Buat Anda yang sering memesan menu steak di rumah makan tertentu, maka kebanyakan akan menyajikan daging Sirloin.

Sirloin merupakan daging yang letaknya di belakang kaki sapi. Karena letaknya ini, daging Sirloin sering digunakan beraktivitas oleh para sapi.

Itulah mengapa, daging jenis Sirloin akan terasa lebih keras dibandingkan dua jenis daging di atas.

Meski demikian, harga Sirloin biasanya lebih murah dan menjadi salah satu pilihan yang tepat buat Anda yang suka daging steak dengan tekstur sedikit keras.

4. Flank

Flank merupakan bagian daging yang berasal dari otot dada atau perut bagian bawah sapi. Jenis daging ini menjadi potongan daging sapi yang murah, beraroma, dan bisa digunakan menjadi olahan apapun, salah satunya steak.

Karena kandungan lemak flank steaknya rendah, maka tidak perlu dipotong. Daging sapi bagian ini bisa dibumbui hanya dengan garam dan merica atau bumbu daging favorit Anda.

5. Wagyu

Wagyu adalah daging sapi super yang banyak dipilih oleh pecinta steak. Daging sapi wagyu adalah salah satu dari empat jenis sapi Jepang yang dipelihara secara khusus di Jepang.

Wajar saja, namanya sendiri adalah Wagyu yang secara harfiah berarti sapi Jepang. Huruf “wa” berarti Jepang dan “gyu” berarti sapi.

Daging wagyu harus berasal dari sapi yang dibesarkan di Jepang dan memiliki sertifikat untuk hal tersebut.

Karena ini merupakan daging kualitas Jepang, maka Anda tidak perlu lagi meragukan rasanya. Rasa daging wagyu gurih dengan tekstur lembut yang menggoda.

6. Tomahawk

Daging jenis Tomahawk biasanya disukai oleh orang Inggris dan Eropa. Daging ini diberi nama sesuai dengan bentuknya yang menyerupai kapak Tomahawk.

Tomahawk Steak adalah Rib Steak di atas tulang yang dipotong dari tulang rusuk depan dengan sisa tulang rusuk utuh. 

Karena ini adalah Steak Rib dengan tulang, daging ini memiliki jumlah lemak antar otot yang cukup besar, yang memberikan banyak rasa saat dimasak, karena rasa dilepaskan dari tulang besar, dan lemak antar otot selama dipanggang untuk memberikan rasa agar-agar yang manis.

7. T-Bone

Nah kalau yang satu ini biasanya disajikan di restoran-restoran kelas atas. Sebab daging T-Bone biasanya hanya bisa didapat setelah Anda melakukan order khusus.

Sesuai dengan namanya, T-Bone merupakan daging yang dipotong dari bagian depan pinggang pendek sapi tempat tenderloin menyempit.

Sebagai daging kelas premium, Anda tidak perlu lagi meragukan rasa dari T-Bone yang sudah diolah menjadi steak.

Holycow Tempat Terbaik Beli Daging Steak

Dengan banyaknya pilihan daging yang baik untuk steak di atas, maka Anda perlu menemukan penjual yang menyediakan daging steak berkualitas.

Salah satunya adalah Holycow yang menyediakan berbagai steak halal yang lezat dan menggugah selera. Dengan membeli paket steak dari Holycow Steak, maka Anda akan mendapatkan pengalaman makan steak ala restoran mewah.

Holycow Steak menyediakan paket memasak steak yang bisa Anda pilih. Misalnya saja Steak Set Wagyu Sirloin atau Steak Set Australian Sirloin.

Dengan membeli paket set ini, maka Anda bukan hanya akan mendapatkan daging premium melainkan juga bumbu lengkap dengan kentang, wortel dan vegetables.



Kelebihan beli daging di Holycow Steak

1. Sudah bersertifikat halal MUI

2. BPOM RI MD 073146000500127

3. Paket steak lengkap, termasuk: Seasoning, BBQ sauce, french fries, dan vegetables

4. Mudah dimasak, Anda hanya perlu menyiapkan kompor.

5. Rasanya enak dan kualitas daging premium.

Jadi buat Anda yang sedang cari steak premium, Holysteak bisa menjadi salah satu tempat yang bisa Anda pertimbangkan.


Posting Komentar